Friday, May 28, 2010

Vaksinasi Ayah & Bunda

Sekarang giliran Ayah dan Bunda yang disuntik. Ga mau kalah sama Ayska hehehe.. dan yang terpenting sehat semua.. amin.


Ceritanya dari kantor Ayah ada fasilitas untuk melakukan vaksinasi rutin bagi karyawan beserta keluarga. Vaksin yang wajib dilakukan diantaranya adalah Typhoid, Hepatitis A dan B, Meningitis, Tetanus, Polio, dan Yellow Fever. Ini dia nih sebagian vaksin yang sempet kita foto kotaknya (baca: curi-curi dari suster hihihi). Vaksin tetanus ternyata tidak ada kotaknya, dan hanya botol kaca yang ujungnya dipatahkan.. ga sempet difoto deh.. wong langsung masuk tempat sampah. Sedangkan untuk Yellow Fever, klinik tempat kita di vaksin tidak punya vaksin tersebut.. tapi Ayah sudah pernah dapet 7 tahun lalu loh (katanya sih bisa tahan sampai 10 tahun), tinggal Bunda aja yang belom. Oh yah, Bunda juga tidak disuntik Meningitis yah, karena Bunda masih menyusui. Kata dokternya, Meningitis dan Yellow Fever akan mempengaruhi produksi susu Bunda.



1. Typhoid/types/typus
Di Indonesia kita kenal dengan pengakit tipus. Disebabkan oleh Salmonella typhi. Gejalanya demam tinggi dari 39° sampai 40 °C (103° sampai 104 °F) yang meningkat secara perlahan, tubuh menggigil, denyut jantung lemah (bradycardia), badan lemah, sakit kepala, nyeri otot myalgia, kehilangan nafsu makan, konstipasi, dan sakit perut.
Vaksin ini diulang tiap 10 tahun sekali.

2. Vaksin Meningitis
Vaksin ini dilakukan untuk mencegah radang selaput otak yang biasa dijumpai didaerah Afrika, oleh karena itu penting dilakukan bagi pekerja yang suka pindah-pindah tempat kayak kita ini hehe, kali-kali gituh di transfer ke Afrika (walaupun katanya Ayah gak mau tuh kalau di pindah tugas kesana). Vaksin ini harus diulang setiap 3 tahun.

3. Vaksin Hepatitis A
Pastinya untuk mencegah penyakit Hepatitis dong ya..hehe
Penyakit yang disebabkan oleh virus, sehingga mengakibatkan peradangan pada hati. Vaksin harus diulang setiap 5 tahun.

4. Vaksin Hepatitis B
Kurang lebih sama dengan Hepatitis A, mennyebabkan peradangan hati bahkan sirosis dan kanker hati. Hepatitis B ini telah menjadi endemik di Tiongkok dan negara-negara di Asia. Vaksin harus diulang setiap 5 tahun.

No comments: