Friday, April 30, 2010

Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Dulu namanya SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik) dan sekarang diganti menjadi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Lebih masuk di akal juga sih. Soalnya siapa yang tau kalo orang berkelakuan baik atau tidak, tapi kalo catatan kepolisian setidaknya lebih bisa di kuantifikasi. Pastinya dong orang yang masuk daftar pencarian (WANTED by POLICE) ga mungkin dapet SKCK, atau kalau pernah di penjara kan pasti ada catatannya tuh.




Anyway, SKCK ini Ayah Fitrah buat sebagai salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan visa kerja ke ROMANIA. Yup, keluarga kita akan melakukan petualangan baru di negri Drakula. Semoga semua urusannya lancar, insyaAllah.

Sekedar berbagi pengalaman sewaktu mengurus SKCK ini. Kalau untuk keperluan dalam negri, SKCK ini bisa di dapatkan di Polres terdekat dari tempat tinggal. Tetapi untuk keperluan keluar negri, SKCK ini harus diterbitkan oleh MABES POLRI.



Syarat-syarat yang diperlukan di POLRES / POLDA:
  1. Surat Pengantar dari Kelurahan
  2. Fotokopi KTP, KK, Akte Lahir
  3. Foto berwarna 4x6, 4 buah
  4. Mengisi formulir di POLRES / POLDA
  5. Sidik Jari
Syarat-syarat yang diperlukan di MABES POLRI (untuk SKCK Bahasa Inggris)
  1. SKCK dari Polres /Polda
  2. Fotokopi KTP, KK, Akte Lahir
  3. Fotokopi Passport
  4. Foto Berwarna 4x6, 3 buah
Proses pembuatan SKCK ini GRATIS. Tapi berdasarkan pengalaman pribada, sewaktu pengambilan sidik jari di Polda meminta "uang admin sukarela". Dikarenakan baru dari ATM dan uang terkecil adalah 50 ribu.. yaa kena deh 50 ribu. Selebihnya GRATIS. Proses di Polda cuma 1 jam, dan di MABES cuma setengah jam. Bagus deh sekarang pembuatan SKCK ini sudah mudah, tidak perlu pake calo, dan cepat selesaiinya. Teruslah berjaya Polisi Indonesia !!!


18 comments:

Ka-el said...

Tapi lo harus dateng sendiri..hmm..ribet gak sih!! Harusnya udh sistem online ituh. Gw inget banget tuh bkin ampe ke bandung segala, secara KTP gw cirebon, ujung2nya gak dipake (apes).

Fitrah said...

mesti dateng karena pake cap sidik jari. Elo ga mesti pulang kampung kayaknya deh. Langsung aja ke polda metro jaya juga bisa heheh. sehari jadi kok..

Kopi_Cinta said...

Salam..
Waah... thanks sist buat info nya bikin SKCK in english..
gak terlalu repot ternyata:)
moga ane nanti bisa lancar jua ney.. rencana mo' bikin..
tapi tanya sama temen kod ribet.. katae mesti ada legalisasi dari depkumham dan deplu, klo bisa gk pake legalosasikan enak ya.. he he he..
any way thanks..
artikel2 yg menarik:)
lam kenal..

Fitrah said...

temennya Kopi Cinta berlebihan.. prosedur di polisi nya sudah jelas kok, sehari jadi dan ga perlu bayar. Semoga dapet deh.. lengkapin aja syarat2nya

Anonymous said...

hi...
aku gi ngurus residence permit dan sudah diterima tapi hanya kurang SKCK aja... aku di jkt skrng tapi ktp ku bali, so aku harus ke bali untuk buat SKCK, biaya lagi... :( karena harus sidik jari :( terus kalo dibali bisa gak ya SKCK nya dibuat bhs inggris??

Fitrah said...

Untuk Anonymous di atas.. (semoga ngecek blog ini lagi)

Kalau untuk keperluan di luar negri.. SKCK harus di keluarkan oleh Mabes Polri, seperti yang ada di foto. Untuk mendapatkan itu harus ada SKCK dari Polsek/Polres.
Untuk kasus saya.. KTP saya Bekasi, tapi saya buat SKCK dan sidik jari di Polda Jakarta (Semanggi), lalu surat ini di bawa ke Mabes Polri.
Jadi silahkan anda coba datang ke Polda Jakarta untuk membuat SKCK disana, saya yakin polisi disana bisa membantu, siapkan saja dokumen yang lain seperti tertera di atas

Anonymous said...

terimakasih banyak ya atas komentarnya yang kilat :) tapi tadi siang saya sempat ke Polsek daerah kuningan terus pak polisi disana bilang saya harus mengurus SKCK di bali karena KTP saya KTP bali. dan saya langsung aja beli tiket ke bali. bagaimana menurut anda? saya stress,capek dan bingung dengan semua masalah Residence Permit saya ini, masalahnya istri saya sudah pulang kampung duluan sejak 2 bulan yang lalu dan sedang mengandung anak kami yang pertama usia kandungan istri saya sudah 6 bulan,kasihan dia karena harus bekerja sendiri dan tinggal sendiri di apartemen yang baru dia tempati :( dan pastinya saya rindu istri saya :( :(

Fitrah said...

Anonymous,

kalau saya jadi anda.. saya tentu akan ke Polda Jaya dulu yang di semanggi, tanya bagian yg ngurus SKCK (ada di depan masjid). Nanti minta di bantu oleh polisi disana.. daripada buat beli tiket ke bali.

dea.fitri.amelia said...

Halo, saya mau tanya, buat skck di mabes harus foto berwarna yang backgroundnya merah atau nggak? makasih ya :)

Fitrah said...

Hi Dea,
Waktu saya buat dari pihak kepolisian tidak masalah background apa, kurang tau kalau skarang. Waktu itu saya pakai background warna putih karena untuk dipakai keluar negri dimana biasanya kedutaan asing mintanya foto dgn background putih. Tapi kalau untuk keperluan kerja lokal lebih baik pakai background merah.

dea.fitri.amelia said...

Terima kasih infonya, iya kebetulan saya juga punyanya background putih krn sekalian untuk visa, tapi waktu di polda diminta warna merah.hehe

Terima kasih sekali lagi

Anonymous said...

HI Mas aq baca blog mas mslh SKCK aq rada bingung nih mas, pembuatan SKCK itu dr Kelurahan - Polres - Mabes Polri( ini yg djakarta kan ya mas?)tapi temenku kasih info Kelurahan - Polres - Polda ga usah ke Mabes coz dr Polda sekarang dh ada Bhs inggrisnya,sm kaya SKCK yang mas post..Terus masalah sidik jari kebetulan aq g tinggal diindonesia saat ini mas, masalah sidik jari yg jadi kendala buat aq skrng, mas ada solusi or info tentang sidik jari g??

Sebelumnya Makasih buat info SKCKnya ya mas.

Fitrah said...

Buat Anonymous di atas. Dulu waktu saya buat, saya harus ke Mabes Polri karena polda belom mengeluarkan surat yang ada Bahasa Inggrisnya. Kalau sekarng sudah ada, bagus sekali. Kalo masalah sidik jari waktu itu saya juga harus pulang ke Indonesia dulu (saya waktu itu di India)

Anonymous said...

Waduh repot jg ya mas Klo hrs plng..hehehehhe
Anyhow mksh bnyk ya mas

Indira

Anonymous said...

Salam, baru nemu tulisan ini pas lagi searching info pengurusan skck buat yg mau ke luar negeri. Saya berjilbab dan mau urus skck untuk daftar jadi permanent resident Kanada. Tapi informasi yg sy dapat, sy harus berfoto tanpa jilbab untuk dilampirkan di skck, bener ga sih?
Makasih banyak atas jawabannya :)

Fitrah said...

Untuk Anonymous yang di atas...

Istri saya waktu apply visa tinggal di Romania juga harus menggunakan SKCK, dan foto dia pakai jilbab.

Untuk Canada saya kurang tau kalau ada permintaan khusus dari Canada

EL- Qiefty said...

Canada sepertinya gak tuch... Jilbab ok aja..
Cuma yg pake niqap ( penutup wajah aja Kali ya:) ) yg harus di buka, bukan jilbab nya .

Unknown said...

Terimakasih atas informasinya ya.
Saya kira perlu urus ke Polsek - Polres baru ke Polda.
Setelah saya baca post ini, saya berencana langsung ke Polda Metro Jaya untuk mengurus. Terimakasih :)