Monday, October 31, 2011

Keliling ITALY dalam 10 hari - Bagian 4 : VENICE

Sebelumnya Bagian 3: Pisa

Seperti perjalanan pindah kota dari Roma ke Florence. Tiket Trenitalia sudah kita beli online... tiket kelas 1 supaya kita bisa booking seat nya. Dan lebih lega karena kita bertiga dengan 2 kursi saja :)

Train: ES Italia AV 9404 date 20/04/2011
Departure: Firenze F.M. Novella (time: 10:30);
Arrival: Venezia S. Lucia (time: 12:33)
Carriage: 2; Place: 103, 105 (Mandatory reservation);
Booking code (PNR): VJ6TE9
Price: EUR 120.00
Ticket holder: FITRAH ARACHMAN

Rabu, 20 April 2011

Berhubung sudah bolak-balik ke stasiun naik bis yang sama.. jadi kita sudah tau mau naik bis apa.. yang jelas nomer 22. Karena tiket trenitalia ga perlu di stamp di box kuning, dan bisa ke stasiun kurang lebih 20 menit.. jadi kita lumayan santai. Sarapan jam 9, berangkat dari hotel jam 10.
Dua jam perjalanan dari Florence ke Venice Ayska sibuk pindah dari kursi Ayah ke kursi Bunda.. dan sebaliknya. Yaaa ga bisa tidur deh kita. Saat ini belom ada ipad :)

HelloVenezia
(1) pesta topeng yang terkenal di Venice (2) Grand Canal (3) Pangkalan gondola

Sampe di Venice pas jam makan siang kita nih...kali ini kita langsung telpon hotelnya. Alhamdulillah staff hotelnya bilang "tinggal lurus aja dari stasiun.. 50 meter, ntar keliatan kok nama hotelnya". Dan rupanya benar kita jalan 5 menit.. sampe hotel... langsung check-in (alhamdulillah dah nikah ;p). Secara sudah waktunya jam makan siang...agak males cari resto buat makan, kita makan di hotel yang kebetulan punya resto di pinggir Grand Canal. Kita pesen pasta.. dan lumayan.. not bad at all. Abis makan kita santai-santai dulu trus keliling-keliling deh.
Jadi untuk menyusuri Grand Canal itu ada kapal lumayan besar.. yaa kalo di analogikan jadi kayak bis kalo di darat. Kayaknya setiap 100 meter kali yah ada halte terapungnya. Untuk naik kapal ini sangat dianjurkan untuk beli tiket yang sekaligus banyak.. kalo ga salah 10 tiket gitu deh (dan ga perlu yang termasuk bagasi.. karena waktu kita beli pertama kali.. kita salah.. wong kita jalan2 ga pake bagasi).

Grand Canal of Venice
Grand Canal dari berbagai sudut

Seperti hotel-hotel sebelumnya.. mereka pasti punya peta untuk turis.. dan disitu ada lokasi-lokasi tujuan turis... jadi kita ikutin itu aja deh. Naik perahu.. berhenti di halte.. turun ke darat... keliling-keliling di jalan sempit, gang-gang.. dengan rumah kuno jaman dulu yang desainnya sama. Herannya (atau kagum juga).. itu gang-gang sempit selebar 1 meter ajah.. tapi ada toko-toko desaigner terkenal. Dalam hati...apa ada orang yang nengok dan beli di sini nih? Kalau kita mah beli coklat kiloan disini.. lumayan murah hehehehe. Sementara di jalan besarnya (yaa.. ga semuanya jalan kecil pastinya).. banyak juga toko-toko bermerek dan pasar :)
Jembatan yang paling terkenal adalah Rialto. Sebenarnya ga ada apa-apa juga sih.. dari atas jembatan yaa kita bisa foto Grand Canal nya.

Canals of Venice
Canals di gang senggol

Kamis, 21 April 2011

Setelah sarapan kita naik kapal ke Piazza San Marco... tapi sebelumnya kita berhenti di halte Santa Maria.. dekat dengan pelabuhan yacht-yacht pribadi. Tentu foto-foto :) Disini kita melihat beberapa orang tua dari Jepang.. duduk melukis.. ada yang pake pencil, cat air dan krayon. Habat! Setelah puas dan bingung mau foto apa lagi.. kita baru lanjut ke Piazza San Marco. Disini Ayska seneng banget main-main sama burung dara.. ngasih makan..loncat sana sini.

in Venice 1
Ayska in action

Kita pun lalu menyusuri jalan darat sekaligus cari makan. Waktu jalan-jalan pas Rabu kemaren, kita melihat ada resto Turkey.. berharap bisa makan kebab... tapi.. tapi.. setalah kita keluar masuk gang senggol.. ga ketemu :( akhirnya makan pizza margharita lagi. Haripun dah sore.. di gang senggol Venice kita sempet mendengar pembicaraan sepasang bule dengan pengendara gondola (sebutannya pengendara ato apa yah..).. tawar menawar terjadi dan terdengar 60 euro. Rasanya boleh juga nih.. tapi rupanya cuma keliling setengah jam. Kitapun memutuskan untuk naik gondola esok hari.. karena masih ada waktu.
Rasanya belom puas kalo belom ngeliat Venice malam-malam dan foto-foto di Rialto. Tapi karena Bunda dah cape, jadi akhirnya cuma Ayah aja yang keluar malam untuk ngambil foto, bareng Pak Kasra. Dan hasilnya...

Rialto in night
Rialto di malam hari

Jumat, 22 April 2011

Sesuai rencana.. dan waktu yang cukup, sehabis sarapan kita nyamperin pangkalan gondola di deket hotel. Sang pengayuh bertanya "how many person"... "six persons". Rupanya harga pagi hari 80 euro... yaa masa jauh-jauh ke Venice ga naik gondola. Kita pun setuju.. Ketika sang pengayuh melihat Bunda menggendong Ayska... "you said 6 persons, it is 7 persons". Kita pun kaget dong.. elo kira anak bayi bisa duduk sendiri apa, langsung aja Ayah esmosi.. dan bilang ke Pak Kasra (yang tawar menawar).. "yaudah Pak kalau dia ga mau, saya ga usah ajah". Akhirnya tuh supir gondola mau.. dengan syarat Ayska di tutupin biar ga keliatan... dan memang ditutupin kan Ayska sambil minum ASI.
Yaaaa.. setengah jam keliling-keliling gang-gang dengan jembatan penyebrangannya, yaaaa.. gitu aja memang, tapi tetep dong.. kalo ke Venice ya harus naik gondolo :)

Gondole

Selanjutnya.. kembali ke hotel, ambil koper besar, jalan ke stasiun... melaju ke Milan. Tentu tidak lupa foto keluarga :)