Tuesday, October 11, 2011

Keliling ITALY dalam 10 hari - Bagian 2: FLORENCE

Sebelumnya Bagian I.

Tiket Trenitalia (kereta cepat Italy) sudah di tangan. Kita beli ticketnya online sebelum terbang ke Italy... "early bid.. cheaper prize".. sekalian kita booking seatnya. Booking seat hanya untuk tiket kelas 1.

Train: ES Italia AV 9516 date 18/04/2011
Departure: Roma Termini (time: 10:15); Arrival: Firenze S.M. Novella (time: 11:50)
Carriage: 1; Place: 93, 95 (Mandatory reservation);
Booking code (PNR): UQ9BCR
Price: EUR 100.00
Ticker holder: FITRAH ARACHMAN

Senin, 18 April 2011
Untungnya hotel kita deket dengan stasiun metro, jadi kita ga perlu tarik-tarik tas gede (plus baby stroler juga) jauh-jauh...fiuhhh. Berhubung kita takut telat.. jadilah kita sarapan jam 6.30 pagi.. pas ketika tempat sarapan di hotel buka. Yaa.. makanannya biasa aja.. croissant dan cappuccino. Kita sampe di stasiun Roma Termini setengah jam sebelumnya...dan kereta kita ada track mana belom kelihatan di layar. Kayaknya baru muncul 15 menit sebelum berangkat. Tapi orang-orang yang sudah pada tahu bakalan ada di track mana sudah pada ngantri gitu.. sepertinya mereka yang punya tiket kelas 2, karena tempat duduknya rebutan.

The train

Alhamdulillah (ga usah pake ditambahin yah belakangnya yah ;p).. Ayska pinter di kereta.. lumayan 2 jam.. berharap bisa tidur tapi tidak. Oh iyah.. jadi staff kereta nya keliling nanyain pada mau makan ato ga.. karena harus reserved tempat di gerbong restoran yang tempatnya kecil dan terbatas. Yaa udah kita buking dong. Rupanya bayar kalau mau makan.. untung ga jadi makan juga.. secara menu nya ga menarik. Untung dah sarapan dan ngebekel roti.
Sampe Florence (a.k.a Firenze)kita bingung lagi.. hehehehe... naik apa nih ke hotel. Kita tanya sama satpam.. dia memberitahu kita dengan bahasa tubuh yang kira-kira begini "kamu turun ke bawah.. lalu nyebrang". Ayah turun duluan ngecek dong.. loh kok isinya toko-toko.. nyebrang kemana nih? Agak-agak ga yakin dengan si satpam, kitapun bertanya ke pedagang cemilan dan majalah dimana dia juga jual tiket bis. Secara diga ga bisa bahasa Inggris.. kita kasih aja bukingan hotel yang ada alamatnya.. trus dia bilang (kira-kira begini) "ooohh.. turun di jalan ini ajah, abis itu kamu di perempatan lampu merahnya kamu belok kiri. Naiknya tuh dari halte depan". Kita ok ok dong.. dan kali ini ga disuruh nyebrang. Setelah nunggu kira-kira 10 menit.. bis bernomor 22 yang dijanjikan lewat hotel kitapun datang. Naiklah kita. Dari stasiun si bis ini belok ke arah kiri ngelewatin gereja tua... lalu melewati jalan penuh dengan desainer terkenal Italy (tau dong yah)... terlihat daerah yang rame dimana turis pada berjalan kaki (dalam hati..okelah nih daerah kita nginep)...tapi itu semua cuma dilewatin.. dan setelah 10 menit berlalu.. loh loh kok.. ini kan gereja tua yang tadi. Rupanya si bis jalurnya muter muter dulu dan kali ini si bis ke arah kanan (kalau dari stasiun kereta).. hiks hiks. Tetapi tetep mata kita tidak lengah melihat nama jalan yang terlihat sesuai petunjuk.. dan tentu mengingatkan si supir. Semakin lama kok semakin sepi daerahnya dan tidak ada toko atau turis yang terlihat.. lebih ke daerah perumahan. Di samping Ayah ada orang India bawa koper gede.. diapun sama.. melihat jalan dan bertanya sama supir. Setelah 20 menit si India ini turun. Setelah 3-4 halte lewat.. si supir ngasih tau, "jalan yang itu turun di halte sini". Turun lah kita dengan bingung lagi. Ada bapak-bapak lewat.. langsung kita stop.. kasih bukingan hotel.. tanya alamat. Dia pun nyuruh kita untuk belok kiri dan terus ikutin jalan nanti terlihat ada tulisan hotel. 100 meter.. 200 meter.. mana nih plang hotel nya... pertempatan pertama, kedua... sampe akhirnya 2 km baru kelihatan tuh plang hotel Best Western. Keringetan dorong-dorong koper gede 23 kg. Pas checkin.. ketemu dong sama si India di bis tadi. Untung hotelnya bagus..desain baru. Kita pun sholat dan beberes siap2 cari makan. Moral cerita: lagi-lagi.. kita harus tau bener letak hotel kita dan bagaimana caranya kesana.

Street of Florence 3
(atas-kiri) Florence Cathedral dan Baptistery;  (bawah-kiri) Palazzo Vecchio atau Old Palace
(kanan) lupa ini...

Ada warung kebab di deket hotel... langsung hajar.. chicken shoarma + nasi bang!! Setelah batre perut di recharge... kita kembali naik bis 22 ke tempat turis yang kita lewatin tadi. Sebelum ke kawasan turis itu kita berhenti di gereja tua deket stasiun karena di belakang gereja itu banyak bangunan bersejarah seperti foto di atas. Dari stasiun kita berjalan ke arah Piazza di Santa Maria Novella. Didepannya ada taman yang cukup besar.. dan orang lokal pada tidur-tiduran dirumput gitu deh.. untung pake baju.

in Florence

Bergaya di samping Gereja Santa Maria Novella

Dari sini kita jalan ke Via dei Banchi.. terus sampai ke Baptistery dan Florence Cathedral di Piazza del Duomo. Tapi kita ga terus ke arah Piazza del Duomo, kita belok ke kanan di depan Baptistery di Via Roma.. lalu terus ke Via Calimala.. nah diujung jalan ini (disebalh kiri tepatnya) kita melihat tower.. kita samperin ajah.. rupanya itu Palazzo della Signoria (lebih terkenal dengan Palazzo Vecchio atau Old Palace). Kita juga ga cuma ngelewatin jalan-jalan tersebut.. lumayan muter-muternya nih.

Street of Florence 1
(atas-kiri) Jembatan yang banyak orang jualan;  (atas-kanan) Street artists
(bawah-kiri) Pecil drawing;  (bawah-kanan) Pasar in Florence

Namanya juga jalan-jalan... window shopping.. nyantol di Lindt, lalu ngebungkus.. ketemu Kiko, masuklah Bunda dan Bu Kasra, keluar2 minta euro.. lanjut.. ketemu pasar, jual syal dll.. ada orang yang ngelukis jalan pake krayon, salut dah.. dan akhirnya sampe di jembatan florence yang rame ituh.. yang pada jualan emas, cincin dan mobil ga boleh lewat jembatan ini. Tapi kita ga nyebrang.. cuma numpang foto-foto ajah. Di depan jembatan kita belok ke arah kiri.. ada orang ngelukis pake pencil tapi jadinya keren.. dan ada yang naro ratusan gembok ntah buat apa.

Street of Florence 2
kiri-kanan: (1) Jendela di jembatan  (2) Gembok keberuntungan  (3) Motor parkir

Tidak terasa.. mataharipun sudah mulai terbenam. Kita pun kembali ke hotel. Besok pagi kita melanjutkan perjalanan menuju Pisa.

Ayska in cot

Ayska tiduran di dalam baby cot cuma untuk main-main cilukba dan di foto... selebihnya mah harus tidur sama Bunda.

Keliling Italy dalam 10 hari bagian 1 dapat di baca disini.