Thursday, July 15, 2010

Minggu pertama di Bucharest, Romania

Sudah seminggu Ayah di Bucharest, Romania sejak menginjakkan kaki di negri drakula ini tanggal 7 Juli 2010. Sayangnya Bunda dan Ayska belom bisa ikutan karena harus nunggu residence permit. Birokrasinya lumayan panjang dan ribet. Sekedar kilas balik pembuatan visa kerja Ayah.

  • Ayah buat Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Surat ini trus dikirim ke kantor yang di Romania untuk ditranslate ke dalam bahasa Romania. 
  • Dokumen berbasaha Romania (invitation letter, insurance, SKCK, dll dan semua harus dilegalisir oleh pihak yang berwenang di Romania) dikirimkan ke Ayah dari kantor.. dan kemudian  Ayah buat visa Romania deh. Waktu yang diperlukan untuk mendapatkan visa (type D) adalah 30 hari.
  • Visa yang Ayah punya bukanlah visa kerja, tapi visa business (dan memang seperti ini), lalu pihak kantor mengupgrade visa Ayah menjadi visa kerja ketika Ayah sudah di Romania. Waktu yang diperlukan untuk mendapatkan Working Visa adalah 30 hari.
  • Setelah Working Visa keluar (nanti.. masih sebulan lagi nih hiks hiks).. Ayah baru bisa apply residence permit. Dan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkank Residence Permit adalah minimum 30 hari.
  • Setelah Ayah dapet residence permit... baru deh Ayah bisa mengundang Bunda dan Ayska untuk dateng ke Romania. Bisa langsung datengkah?  Hohoho.. tentu tidak. Bunda dan Ayska harus apply visa "family reunification" dan waktu yang dibutuhkan 30-45 hari.
Panjang aja perjalanannya untuk bisa menikmati eropa bersama. Semoga semuanya lancar-lancar ajah. Amin.

Saat ini Ayah masih tinggal di hotel semi apartemen yang disediain kantor. Yang buat hotel ini setengah2 kayaknya... di hotel ada microwave dan tempat cuci piring, tapi tetep ga bisa masak.. wong ga ada perlengkapannya. Mau dibilang full hotel juga bukan.. wong ga ada room service untuk pesen makan. Tapi lumayanlah.. disebelah hotelnya ada supermarket, jalan sedikit kedepan ada Tram, kalo ke kantor jalan kaki 20 menitan. Pertama kali naik Tram ke kantor masih belom ngerti.. langsung naik ajah.. ga beli tiket ato apa hahaha.. untung ga ketangkep polisi. Sempet juga naik Metro/Subway dari kantor ke apartemen.. eee nyasar dikit, salah belok pas pulang hehehe.

Masih belom bisa komentar apa-apa tentang Bucharest.. belom sempet keliling2.. belom sempet ngeliat mall.. belom sempet ke IKEA.. tapi kesan seminggu pertama sih ok. Nanti disambung lagi deh.

ps. kali ini ga ada foto :p

3 comments:

Aulia Zarnubi said...

jangan ke IKEA....
hahaha aku sdh merasakannya di jerman, yg ada nanti duitnya habis buat belanja dan kl duit habis, iler mulut yg keluar tengah tidur :))

Selly Ihda said...

Haha dari sebelom berangkat ke romania aja gue uda bikin list belanja di ikea cha..hahaha
Niat bener kan, ngubek2 IKEA online trus gue catet deh kode barangnya, jd tar gak lama nyari.. Xixixi ;p

Ka-el said...

Mana foto?! Oh salah..ga ada ya.hehe..ribet jg ni Romania..
Jadi Bujangan lagi dong Man :)