Saturday, July 3, 2010

Ketangkep Penjahatnya

Kita sampai di Mumbai hari Senin malam setelah berpetualang ke Taj Mahal. Dan hari Rabu tengah malam kita terbang lagi ke Jakarta. Ayska sudah tidak enak badan semenjak jalan-jalan ke Taj Mahal. On the way pulang ke Mumbai aja dia sempet mencret 2 kali tapi untung badannya ga panas. Sampe jakarta jam 11 siang hari Kamis.. alhamdulillah.. Ayska anteng tidur selama penerbangan.

Tiga hari Ayska demam 38 derajat dan gak turun-turun, dia juga mencret 3-4 kali sehari pada hari pertama dan kedua .. Ayah sama Bunda cepet-cepet bawa kedokter karena kami baru pulang dari India ada kekhawatiran kalau2 putri kecil ini terjangkit malaria. Kami cek DBD, Malaria, Typus, dan darah rutinnya.. Hasil lab DBD-Negatif, Malaria-Negartif, Thypus pun Negatif, tapi hasil darah rutinnya kok merah semua (dibawah/diatas rata2), kata dokter kemungkinan Ayska kena Anemia karena kecapean dan dia susah sekali maknnya, bener-bener cuma ngandelin ASI dari Bunda.


Sehari dua hari, panasnya naik turun tapi selalu diatas 37.8 dan kalau lagi panas sampe 39. Hari ketiga hanya dipagi hari badannya panas, setelah diberi penurun panas dia udah aktif kembali. Mencretnyapun udah berhenti, dan Ayska udah kembali ceria, bermain sepanjang hari, tapi kok nyusunya malah susah alhasil pipisnya kuning dan dikit, makanpun masi susah. Hari ke empat Bunda bawa Ayska ke dokter lagi, cek darah lagi.. Hasil lab nya masi jelek, limfosit yg awalnya 38 (normal)  melejit jadi 75 (jauh diatas rata-rata), Bunda sempet panik karena pas googling kok ada yang bilang itu tanda-tanda TB. Akhirnya hubungin tante2nya Ayska yg dokter, dan penjelasannya bikin Bunda jadi lega, ga segampang itu memfonis TB.

Ayska terserang Campak.. Pada hari ke empat timbul bercak merah (ruam) seperti biang keringat di punggung, dada, perut, dan sedikit dikaki dan lengannya. Badannya udah gak panas sama sekali dan nafsu makannya pun sudah mulai membaik, sudah mulai banyak minum air putih dan nyusu. Untuk info lebih jelas tentang campak bisa liat disini. Benar-benar informatif, dan membuat hati tenang.

Setelah 2 hari merah-merahnya pun hilang. Selama ayska kena campak Bunda tetep mandiin Ayska, tapi pake air anget dan dikasih dettol., trus dibalur caladin setelah handukan Makanya merah-merahnya cepet ilang. Sebagian orang bilang gak bole dimandiin, aduu kasian amat apalagi kalo baby nya macem Ayska yang selalu keringetan walaupun diruangan ber-AC. Gak tega aja gak mandiin, dia suka gak bisa tidur dengan badan pliket gitu. Jadi ya Bunda tetep mandiin, cuma main-main diluar rumahnya dikurangin karena ruamnya akan makin banyak kalo kena angin (gitu siih kata orang tua ;p).

Alhamdulillah Ayska sekarang udah sehat dam kembali ceria :)

Ps. Thanks to Dr.Khairun Nisa (Ka Ica) & Dr.Ade Hikmah (Ka Ade)

1 comment:

Ka-el said...

aha! ruam..campak..sering bgt gw denger :) gitu toohh..(jd belajar)